Era Bugatti Veyron hampir selesai. Empat tahun lalu, Bugatti memulai pengerjaan mobil pengganti Veyron, kemungkinan akan bernama Chiron (sheer-ON). Dengan tenaga 1500 hp dan akselerasi dari 0-62 mph hanya dibawah 2.5 detik, Chiron juga akan lebih ringan dan steering yang lebih baik yang merupakan kemampuan yang amat penting menurut Ferdinand Piech. Meskipun Chiron dibuat dari serat karbon yang sudah ada, 92 persen bagian akan diberi part baru atau dimodifikasi untuk menambah kesan kaku dan mengurangi bobotnya.
Walau masih ditenagai dengan mesin 8.0 liter W-16, namun tenaga yang dihasilkannya meningkat dari 1.200 ke 1.500 hp, dan dua dari empat mesin turbo akan ditenagai dengan listrik. Respon cepat e-turbo akan memberikan torsi dengan sempurna, yang mungkin akan mencapai puncaknya sekitar 1.111 lb-ft, disalurkan dengan transmisi seven-speed dual-clutch dan didispersikan melalui all-wheel drive.
Kecepatan Chiron yang belum dikonfirmasi adalah 288 mph, membuatnya 18 mph lebih cepat dari pendahulunya Veyron Super Sport. Pemecah udara akan membantu Chiron mencapai kecepatan itu. Cakram dengan keramik-karbon dan besarnya, spoiler belakang yang dapat muncul keluar sebagai pengereman udara akan membantu memperlambat Chiron.
Kita berharap agar dapat melihat interior yang berbeda dari Veyron. Kabin Chiron akan lebih luas dan harus diperbaiki dengan sedikit perubahan posisi mengemudi, ergonomis kompleks, dan pandangan yang kurang. Saat penjajalan konsep, Piech dan pimpinan VW Group Martin Winterkorn mengeluhkan konsep pintu Chiron, dikabarkan cacat karena terhalang oleh sills jendela yang lebar dan sudut buka yang sempit. Piech mengusulkan solusi agar pintu dan bagian luar sill jendela terbuka bersamaan. Perubahan ini akan memberikan kemudahan yang signifikan saat akan masuk maupun keluar dan memerlukan rekayasa ulang yang lama dan mahal. Kita tidak tahu apakah kepala desainer Achim Anscheidt dan CEO Wolfgang Dürheimer bersedia dan mampu memenuhinya, tetapi peluncuran Chiron telah ditunda dari yang awalnya tahun 2015 ke 2016.
Untuk mengisi kekosongan, manajemen dapat membuat batch kecil dari Bugatti Speedsters. Jadi Veyron mungkin belum akan mati untuk saat ini. Ketika waktunya tiba, sang penerus Veyron akan lahir dan menggunakan label harga hanya dibawah 2 juta euro (2.5 juta dolar).
No comments:
Post a Comment